: 6 + 6 =

FASILITAS SEKOLAH

Fasilitas sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Fasilitas sekolah yang dimaksud adalah sarana dan prasarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Sedangkan menurut Undang- undang sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 45 ayat 1 dinyatakan sebagai berikut: “Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidiakan sesuai dengan pertumbuhhan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik “. Dengan demikian maka sarana dan prasarana syarat mutlak yang harus ada baik sebagai kelengkapan pendidikan formal maupun non-formal yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal.
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maka kebutuhan akan sarana dan prasana tidak sebatas dengan ruang kelas yang memadai, halaman yang cukup untuk melaksanakan kegiatan olah-raga dan sebagainya, namun kata sarana dalam kontek pembelajaran berkembang menjadi berbagai macam fasilitas baik yang menyangkut alat / media proses pembelajaran yang berupa teknologi TIK yang sudah amat berkembang sangat pesat. Sehingga kebutuhan akan semua fasilitas tersebut menjadi penting untuk diwujudkan, baik sebagai media pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Tidak hanya sebagai media pembelajaran namun kebutuhan akan TIK juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan sistem informasi sekolah, administrasi sekolah, perpustakaan digital dan kebutuhan lainnya.

Ruang Kelas

Ruang Kelas berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Mebeler dalam ruangan ini terdiri dari meja siswa, kursi siswa, meja guru, lemari kelas, papan tulis, serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai.

Baca selengkapnya...

Perpustakaan sekolah dan e-library

Perpustakaan merupakan fasilitas yang sangat penting keberadaaanya di sekolah dan institusi pendidikan pada umumnya. Siswa dan guru dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi dan pengetahuan di luar kurikulum yang ada. Perpustakaan dapat digunakan sebagai sarana pengayaan wawasan dan pengetahuan masyarakat peserta didik.


Baca selengkapnya...

Lab. Ujian Online

Lab. Multimedia disediakan untuk kegiatan pembelajaran bagi hampir semua mata pelajaran, bukan hanya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semata. Ruang Lab yang ber-AC ini dilengkapi dengan komputer sebanyak 20 unit, LCD projektor, perangkat Audio dan video. Kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan berbasis software dan perangkat digital. Siswa dapat melakukan penelusuran materi pelajaran melalui jaringan internet yang terpasang berbasis WiFi.

Baca selengkapnya...

Lab. Komputer & Multimedia

Lab. Komputer merupakan fasilitas yang disediakan oleh sekolah yang berfungsi untuk menunjang terlaksananya Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). SMAN 2 Kota Tangerang Selatan menyediakan dua lab komputer dengan jumlah komputer masing-masing 29 unit dan 32 unit dan satu lab multimedia dengan jumlah komputer sebanyak 33 unit.

Baca selengkapnya...

Lab. Kimia, Biologi dan Fisika

Lab. Kimia, Biologi dan Fisika merupakan Lab yang dispkan bagi siswa untuk melakukan praktikum terkait pembelajaran fisika, kimia dan biologi. 

Baca selengkapnya...

Lab. Seni dan Budaya

Laboratorium Seni Budaya dan Film. Lab ini secara resmi di gunakan pada tanggal 21 Oktober 2014. Lab ini di lengkapi dengan ruang kontrol audio-visual, sistem pencahayaan, sistem tata suara dan pendingin ruangan. Kapasitas tempat duduk disediakan untuk 62 orang.

Baca selengkapnya...

Lab. Bahasa

Salah satu fasilitas yang berfungsi untuk pembelajaran dalam berbahasa asing adalah lab bahasa. Laboratorium Bahasa berbasis Multimedia ini terdiri dari perangkat elektronik audio maupun video yang terdiri dari instructor console sebagai mesin utama, Tape Recorder, VCD/ DVD Player, LCD projector dan monitor dan repeater language learning machine.

Baca selengkapnya...

Studio Musik

Untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang seni musik, sekolah menyiapkan studio mini sebagai ajang siswa belajar bermusik.

Baca selengkapnya...

Taman Belajar

Taman ini terdapat di depan hampir semua ruangan kelas. Taman ini banyak dimanfaatkan para siswa yang hanya sekedar duduk-dudk pada waktu istirahat. Ada juga siswa yang menjadikan tempat ajang diskusi mata pelajaran atau diskusi-diskusi lainnya. Terkadang anggota OSIS/MPK mengadakan pertemuan terbatas disini. 

Baca selengkapnya...

Sport Hall

Sport Hal dibangun Untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam bidang olah-raga, khususnya olah raga yang memerlukan ruangan khusus seperti Badminton, tenis meja, senam dan lain-lain.

Baca selengkapnya...

Sarana Olahraga

Sarana olahraga adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk dan jenis peralatan serta perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan olahraga. Prasarana olahraga adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari tempat olahraga dalam bentuk bangunan diatasnya dan batas fisik statusnya jelas dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk pelaksanaa program kegiatan olahraga

Baca selengkapnya...

Sarana Kesehatan

Sekolah menyiapkan sarana kesehatan bagi siswa dan guru serta warga sekolah, yaitu Ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Keberadaan UKS adalah upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

Baca selengkapnya...

Kantin

Kantin sehat sangat diperlukan di sekolah. Jam pelajaran yang diselengarakan hingga sore hari menuntut siswa dan guru harus tercukupi kebutuhan jasmaninya, berupa sarapan pagi dan makan siang. Tersedia beraneka macam makanan dan minuman ringan tersedia disini. Selain sehat, harga di kantin ini dijamin murah dan terjangkau.

Baca selengkapnya...

Sarana Ibadah

Masjid dalam perspektif pendidikan nasional di Indonesia adalah merupakan wadah atau lembaga pendidikan Islam yang akomodatif terhadap aspirasi umat Islam dan berorientasi kepada misi melaksanakan ibadah sesuai dengan pemeluknya. Dengan adanya masjid di lingkungan sekolah, siswa muslim dapat menjalankan ibadah sholat dzuhur dan asar di sekolah mengingat jam sekolah hingga pukul 16.00 WIB

Baca selengkapnya...

Sedang Online

Kami memiliki 129 guests dan tidak ada anggota yang online

Mewujudkan Insan berkualitas yang berahlak mulia dan menguasai IPTEK yang berbudaya lingkungan serta mampu bersaing di era global

Alamat :

Jl. Raya Serpong Puspiptek, Muncul, Setu, Muncul, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314

Telp. :

(021) 7560956

Fax:

(021) 7560956