Belajar sejak muda, kelak tua sukses dan bahagia

Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Gerakan pramuka memberikan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, dan mampu membina serta membangun penerus generasi selanjutnya.

Pramuka SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan resmi berdiri tepat pada tanggal 27 Oktober 2013, setelah sempat terhenti (mati) selama kurang lebih 10 tahun lamanya. Ekskul Pramuka mulai dirintiskembali oleh angkatan 2013/2014 (Moonzher 27) setelah melaksanakan Diklat selama 3 hari 2 malam di area SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan.

Berdiri dengan nama Ambalan Rama-Shinta, Pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler terbesar di lingkungan SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan

Dalam kegiatannya, Pramuka Ambalan Rama-Shinta selalu menempatkan kebersamaan dan melatih daya kreatif para anggotanya. Selain itu, kegiatan-kegiatan besar yang akan diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya antara lain, yaitu:

  1. Pendidikan Pelatihan dan Pelantikan Calon Dewan Ambalan . Demi mencapai tujuan Ambalan Rama-Shinta, dibutuhkan Dewan Ambalan yang bertugas untuk mengurus setiap kegiatan  pramuka  untuk  mencapai sebuah kesuksesan. Dewan Ambalan memiliki masa kerja selama satu  tahun.  Oleh karena  itu, diperlukan  regenerasi  dan  pengkaderan    bagi   para   anggota  Dewan Ambalan  yang  baru  dalam  bentuk Pendidikan Pelatihan sekaligus Pelantikan Calon Dewan Ambalan yang dilaksanakan diakhir masa jabatan Dewan Ambalan sebelumnya.
  2. Penerimaan Tamu Ambalan. Penerimaan Tamu Ambalan adalah kegiatan bagi calon Pramuka Penegak untuk bisa bergabung secara resmi menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk perkemahan selama 3 hari 2 malam
  3. Latihan Gabungan. Latihan Gabungan adalah latihan kepramukaan yang dilaksanakan oleh Ambalan Rama-Shinta bersama dengan Ambalan dari sekolah lain dalam rangka menjalin tali persaudaraan dan kerja sama yang baik antar sekolah. 

Tepat pada tanggal 9-11 Januari 2015, Ambalan Rama-Shinta telah melaksanakan kegiatan Pendidikan Pelatihan dan Pelantikan Calon Dewan Ambalan dan menghasilkan Dewan Ambalan yang baru untuk periode 2014/2015 dengan struktur Organisasi sebagai berikut :

  • Penanggung Jawab Umum : Dr. Neng Nurhemah, M.Pd
  • Pengarah : Asep Daryanto, S.Pd
  • Pembina OSIS : Dedeh Kurniawati, S.S
  • Koordinator Ekskul : Tasrief Rachmanudin, S.Pd
  • Pembina Pramuka Putera : Drs. Mustofa
  • Pembina Pramuka Puteri : Sri Widiastuti, M.Pd
  • Pradana Putera : Naufal Rizky Pratama
  • Pradana Puteri : Dina Fauziyah
  • Kerani Putera : Arjuno Aryo Wicaksono
  • Kerani Puteri : Fatma Ayu Nadyanya
  • Bankir Putera : Afghan Bagas Ikhwantoro
  • Bankir Puteri I : Hafifah Azzahra
  • Bankir Puteri II : Widia Mafira Puteri
  • Juru Adat Putera : Zenitho Madyagantang Hakiki
  • Juru Adat Puteri : Priyanka Zahra Diandra

 

Ambalan Rama-Shinta memiliki visi:  “Menjadi Gugus Depan terakreditasi yang berbudaya lingkungan dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.”

Untuk mewujudkan visi tersebut, Ambalan Rama-Shinta memiliki beberapa misi, yaitu:

  1. Menjadi Gugus Depan tergiat.
  2. Menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Menggerakan anggota dan organisasi lain agar peduli dan tanggap terhadap lingkungan.
  4. Menjadi pilihan utama dan solusi handal untuk membentuk kader patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara dan bermoral Pancasila.

Apa itu Pramuka?

Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Gerakan pramuka memberikan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, dan mampu membina serta membangun penerus generasi selanjutnya.

Tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang baik, generasi yang utuh dan penuh kesinambungan, yang dapat berpikir sendiri dan mampu bertanggung jawab kepada dirinya dan kepada masyarakat, dalam melaksanakan tugas pokoknya tersebut Gerakan Pramuka menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak dan pemuda Indonesia usia 7 sampai dengan 25 tahun yang digolongkan sebagai berikut :

  • Golongan Pramuka Siaga, usia 7-10 tahun
  • Golongan Pramuka Penggalang, usia 11-15 tahun
  • Golongan Pramuka Penegak, usia 16-20 tahun
  • Golongan Pramuka Pandega, usia 21-25 tahun

Sesuai dengan perkembangan usia dan kejiwaannya, titik berat pembinaan untuk masing-masing golongan berada pada:

  • Untuk Golongan Pramuka Siaga dan Penggalang dititik beratkan kepada pembentukan watak dan Kepramukaan.
  • Untuk Golongan Pramuka Penegak dan Pandega dititik beratkan kepada peningkatan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan dan kepemimpinan.

Pada dasarnya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah golongan yang dipersiapkan matang untuk menjadi pemimpin, baik dalam lingkungan Gerakan Pramuka dan di masyarakat. Oleh karenanya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega harus dibina dan dikembangkan secara terarah, terpadu dan berkesinambungan oleh seluruh jajaran terkait dari tingkatan Nasional sampai Gugusdepan sebagai pangkal terdepan

Pramuka Penegak dan Pramuka pandega harus banyak diberikan kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan melalui wadah-wadah pembinaan yang disediakan khusus untuk itu, dengan pengelola kegiatan “dari, oleh dan untuk Penegak dan Pandega dengan bimbingan orang dewasa”.

 

 

Testimoni Alumni

SEKOLAH UNGGULAN BERWAWASAN TEKNOLOGI LINGKUNGAN & SEKOLAH RUJUKAN NASIONAL PROVINSI BANTEN KOTA TANGERANG SELATAN

preview

preview

preview

preview

preview

SMAN 2 Kota Tangerang Selatan 2015 | Kreasi : Yatnotea@gmail.com | Template by JoomlaShine.com