SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1439 H. MOHON MAAF LAHIR & BATIN

preview

Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendididakn Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan geografi. Kegiatan olimpiade akan diselenggarakan pada 1 sampai dengan 7 Juli 2018 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Berdasarkan hasil seleksi OSN tingkat Provinsi, telah terseleksi sebanyak 764 peserta  dari seluruh Indonesia. Berkat perjuangan dan pembinaan yang gigih dan intensif, Alhamdulillah SMAN 2 Tangerang Selatan tahun 2018 ini berhasil meloloskan 11 orang siswa untuk ikut serta dalam ajang OSN 2018 di Kota Padang.

Sekolah dan kita semua patut berbangga karena Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing. Siapa saja mereka?

  1. Azzam Labib Hakim (Matematika)
  2. Bayu Dwiputra (Kimia)
  3. Muhammad Misbahul Fuad  (Biologi)
  4. Muhammad Bariq Sadad (Biologi)
  5. Fairuza Raryasdya Ayunda (Komputer)
  6. Muhammad Ilham Ramadhan (Astronomi)
  7. Christopher Adrian P.G. (Ekonomi)
  8. Muhammad Farran radhi (Geografi)
  9. Amalia Arifia Wardah (Geografi)
  10. Arvin Rafi Muhammad (Kebumian)
  11. Rahmat Rizqi Susanto (Kebumian)

OSN diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda dan untuk tahun 2018 bertempat di Kota Padang, Nagari Ranah Minang. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Tim A SMAN 2 Tangerang Selatan berhasil meraih Juara 3 dalam ajang Raceconomics 2018 pada tanggal 15 April 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Development Economic Event (DEE), Himpunan mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Jawa Barat. 

SMAN 2 Tangerang Selatan semula mengirimkan 3 tim namun hanya 2 tim yang berhasil lolos seleksi oleh panitia. Kedua tim tersebut adalah: Tim A : Fathi Azmi F. (X MIPA 4) , Halida Meiza (X MIPA 3) , Nurul Al Jihra (X IPS 1) , Radhevan Rytianda Y. (X IPS 1) dan Tim B : Bima Mahardika (X MIPA 6), Allyanisa Maulidyta (X IPS 1), Khalid Jundi (X IPS 1), dan Ribka Ria Halomoan (X IPS 1)

DEE 2018  yang mengusung tema "Exploring Maritime Economic Opportunities to achieve Sustainable Development Goals"  ini merupakan perlombaan yang diikuti oleh siswa SMA dan sederajat dari berbagai daerah di Indonesia yang terbagi ke dalam beberapa tim. Sebelum peserta menghadapi Raceconomics, peserta akan diseleksi terlebih dahulu dengan mengerjakan soal secara online yang telah di sediakan oleh panitia. Sepuluh tim yang masing masing terdiri dari 4 orang dengan poin tertinggi akan lolos untuk kemudian mengikuti Raceconomics. Perlombaan ini membutuhkan kecepatan, kesigapan, kerjasama tim, komunikasi dan pengetahuan umum ekonomi yang baik karena setiap tim berlomba untuk dapat menyelesaikan setiap pos yang telah disiapkan. Setiap pos memiliki tantangan masing-masing, berupa kuis pengetahuan umum ekonomi dan games-games kelompok yang harus diselesaikan dengan tema “Blue Economics, Blue Ocean”.

Mengapa Blue Economics, Blue Ocean? Melalui kompetisi ini, diharapkan para peserta memiliki wawasan mengenai konsep blue economy serta mengetahui bahwa Indonesia memiliki potensi dari sektor kemaritiman yang begitu besar, sehingga kedepannya, para generasi muda mampu melihat peluang ini sebagai sarana membangun dan mengembangkan perekonomian nasional. Lomba Raceconomics diikuti oleh berbagai sekolah yang diantaranya berasal dari Tangerang Selatan, Jakarta, Bekasi, Cimahi, Bandung, hingga Kalimantan Selatan. Dalam kompetisi ini, para peserta diminta menyelesaikan setiap tantangan dan soal yang berhubungan dengan ekonomi di setiap pos yang terletak di beberapa landmark terkenal di Kota Bandung. Setiap pos memiliki tingkat kesukaran berbeda-beda. Selain itu, setiap peserta diminta membuat mading mengenai konsep blue economy dan harus dipresentasikan dihadapan dosen Universitas Parahyangan. 

Setelah mengikuti kegiatan  lomba, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti acara Development Economic Seminar 2018 bertempat di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Jawa Barat, Bandung.  Seminar ini merupakan acara puncak dari rangkaian acara DEE yang bertemakan Peran Ekonomi Maritim Dalam Mencapai Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. Kegiatan seminar berisi pemaparan materi yang akan disampaikan oleh pembicara kepada peserta. Pemaparan materi tersebut akan disampaikan oleh beberapa pihak antara lain pembicara dari Kementrian kelautan dan perikanan, Kadin Indonesia, Bappenas, dan Dosen Ekonomi Pembangunan Universitas Katolik Parahyangan

Page 1 of 51

Testimoni Alumni

preview

preview

preview

preview

preview

preview

SMAN 2 Kota Tangerang Selatan 2015 | Kreasi : Yatnotea@gmail.com | Template by JoomlaShine.com