preview

Pada hari Jumat, 9 Agustus 2019 SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan kembali menerima kunjungan dari Chuubu University Haruhigaoka High School. Kunjungan kali ini adalah kunjungan yang ke empat kalinya. Kunjungan pertamanya dilakukan pada tahun 2015 silam. Tahun 2019 kali ini merupakan rangkaian kegiatan yang tidak kalah serunya dengan tahun sebelumnya. Rangkaian kegiatan pertama diawali dengan kegiatan penyambutan yang dilakukan secara kolaborasi bersama MGMP Rumpun Bahasa di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan, yaitu guru-guru MGMP Bahasa Jepang, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dan didukung oleh MGMP Seni Budaya. Sebagai pelaksana kegiatan adalah siswa siswi ekstrakurikuler Moonzher Japan Club, Moonzher English Society dan Klub Bahasa Indonesia. Tentu saja acara hiburan juga diramaikan oleh Ekstrakurikuler Seni dan Budaya Indonesia yaitu Getarnas. Ekstrakurikuler Moonzher TV juga tidak mau ketinggalan berperan serta mendokumentasikan kegiatan yang langka dan berharga ini. Dan pada tahun ini telah bergabung pula 10 (sepuluh) besar Duta Karakter Sekolah.


Penyambutan tari tradisional dimulai dari pintu gerbang sekolah oleh para penari ekstrakurikuler Getarnas, dan rombongan disambut oleh Kepala Sekolah Dr. Neng Nurhemah M.Pd. Sebagai tuan rumah, Ibu Neng mengajak rombongan memasuki Gedung Seba Guna (GSG) , diikuti oleh iringan penari Getarnas, Duta Karakter Sekolah, para Buddies (Ekstrakurikuler MJC dan MES) juga tentu saja bapak ibu guru tercinta.

preview
Naomi Madeleine Go (XII MIPA 9 - MJC) dan Salsabila Putri Fahia (XII MIPA 4 - MES) sebagai Master of Ceremony Haruhigaoka Visitation Days membuka salam kolaborasi dua bahasa Nihongo & English dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Pidato penyambutan pertama dilakukan oleh ketua ekstrakurikuler Moonzher Japan Club, Aldrin Irsyarasyid - XII MIPA 1 (English) juga sebagai ketua pelaksana kegiatan. Kemudian disambut pidato berikutnya dari Makino Keita (English). Tak ketinggalan pula dalam pidato sambutan Kepala Sekolah Dr. Neng Nurhemah, M.Pd. mengungkapkan rasa bahagia atas kedatangan Haruhigaoka untuk ke-lima kalinya, sekaligus memperkenalkan para Buddies. Buddies adalah siswa siswi Moonzher kelas XI dan X baik Mipa dan IPS yang dipilih & bertugas sebagai Buddies. Ibu Neng menjelaskan tugas-tugas Buddies sebagai pendamping juga sebagai mentor bagi siswa siswi Haruhigaoka selama berkunjung di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Pidato diakhiri dengan memperkenalkan pula siswa siswi Duta Karakter Sekolah yang turut serta menjadi bagian dari kegiatan penyambutan kali ini.


“Ada 11 (sebelas) siswa siswi Jepang yang datang pada kunjungan hari kemarin. Mereka adalah Kensuke Otsuka (Male 17), Keita Makino (Male 16), Kanako Ashida (Female 17), Naru Mizutani (Female 16), Yuzuki Yamada (Female 16), Yoshino Kawamoto (Female 17), Asuka Wakijima (Female 16), Hana Ushida (Female 17), Anzu Umezaki (Female 17), Honoka Imai (Female 16), Akane Suzuki (Female 17).” Mereka diperkenalkan oleh Wakil kepala sekolah Haruhigaoka High School Mr. Makoto Hoshino, yang bertanggung jawab dari pihak Haruhigaoka kali ini. Kemudian Hoshino menutup pidato sambutannya dengan berterimakasih kepada para Buddies SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan, yang akan membantu semua siswa siswinya selama berkegiatan.


Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan budaya antara dua negara. Mereka berpindah lokasi ke DPR (Dibawah Pohon Rindang). Meraka memperkenalkan dan mempresentasikan jenis-jenis permainan tradisonal Jepang diantaranya Puzzle Games (Fukuwarai), Tea Ceremony, Japanese Card Game (Karuta), Japanese Card Games (Bozu Mekuri). Tak ketinggalan pula Moonzher memperkenalkan permainan congklak, Bola Bekel, Ular Tangga, Permainan lompat tinggi karet dan yang paling seru dan disukai mereka adalah permaianan memakai sandal kayu Bakiak.


Tiba saatnya makan siang Buddies (Moonzher) dan Haruhigaoka menuju Aeon Mall dan mereka menyerbu untuk memilih menu masakan Indonesia yang terkenal lezat. Seperti Soto Madura, Soto Ambengan, Sate, Tahu Tek, Tahu Telor dan lain sebagainya. Seusai makan siang, rombongan kembali ke Moonzher untuk melaksanakan kegiatan Class Session. Keseruan mereka bertambah pada kegiatan Class Session. Kegiatan Class Session adalah kegiatan mendengarkan presentasi dari Haruhigaoka, diskusi dan tanya jawab bersama Moonzher. Terdapat 3 (tiga) tema presentasi kelas kali ini adalah 1. Plastic Waste Problem, 2. Thermal Power, 3. Introduction of School Life of Haruhigaoka”. Kegiatan Class Session ini dilaksanakan di tiga kelas yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI MIPA 8. Tentu saja hal ini membuat iri kelas lainnya karena mereka belum mendapatkan kesempatan belajar bersama Haruhigaoka di dalam kelas. Discussion Time membuat Moonzher & Haruhigaoka lebih mencair lagi.


Moonzher Japan Club Accustic Team Performance bernama “AIMER BAND” yang beranggotakan Starry Leticia Virtue – XII MIPA 1 (Vocal), Naomi Madeleine Go (Guitar), Syahlan Ashobari – XII Mipa 1 (Guitar) dan Muhammad Akbar Sophiaan – MJC 25 Dai Senpai (drum) harus mengakhiri kegiatan Haruhigaoka Visitation Day dengan kebahagiaan dan penuh kenangan ini. Moonzher dan Haruhigaoka mengakhiri kebersamaan mereka dengan mendendangkan “Whereever You Are” yang dipopulerkan oleh One OK ROCK BAND.


Akhir rangkaian kegiatan ditutup dengan memberikan kenang-kenangan (Souvenir) dari Buddies Moonzher untuk Haruhigaoka. Sungguh membahagiakan semuanya. Semoga bisa berjumpa selalu di tahun-tahun yang akan datang........  Jya, Rainen, mata Aimashou ne!!........... See You Next Year!!....... (sensei Dedeh )