Salah satu kegiatan yang sejalan dengan kegiatan tersebut adalah Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika) dengan harapan dapat terbentuk kepribadian siswa yang menjunjung tinggi semangat dan nilai sportivitas, kejujuran dan kerja keras dalam mencapai sesuatu dengan cara yang positif.

Kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat RI (yang dipelopori oleh seorang tokoh yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI, Alm. Dr.(HC) H.M. Taufiq Kiemas)  ini diselenggarakan di seluruh provinsi di Indonesia. Peserta provinsi terakhir dari kegiatan ini adalah Provinsi Banten. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Patra Jasa Anyer, 2-6 Juli 2013 atas kerjasama Setjen MPR RI dan Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

LCC 4 Pilar di Provinsi Banten ini diikuti oleh 18 sekolah peserta lomba (SLTA). Termasuk didalamnya adalah sekolah kita SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan yang mewakili Kota Tangerang Selatan bersama dengan SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan.

Fadhil Muhammad Pradana (XI IPS), Hauna Haliman (XI IPA), Rizky Hastuti Purwaningsih (XII IPA), Muhammad Akbar Setiadi (XI IPA), Ririn Ika Lestyaningrum (XI IPA), Syadza Luthfiyyah (XI IPA), Destri Shofura Gusliana (XI IPA), Elsha Dwi Anggun Rachmadhany (XI IPA), Dita Shabrina (XI IPA), dan Muhammad Irfan (XII IPA) didaulat oleh sekolah dibawah bimbingan Ibu Nurhayati, S.Pd berlatih dengan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan kegiatan ini.

Sebelum memasuki hari perlombaan, seluruh peserta mendapatkan bekal pembelajaran dari Setjen MPR RI pada hari Rabu, 3 Juli 2013. Akhirnya, Kamis, 4 Juli 2013 lomba dimulai, pada babak penyisihan SMAN kita mendapatkan urutan babak penyisihan keenam berhadapan dengan SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Serang dan SMA Negeri 2 Pandeglang. Hasilnya SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan berhasil lolos ke seleksi selanjutnya yaitu babak semifinal. Pada babak semifinal Fadhil dkk berhadapan dengan SMA Negeri 1 Kota Serang dan SMA Negeri 2 Kota Serang sebagai pemenang babak penyisihan kloter keempat dan kelima. Namun keberuntungan belum berada di tangan SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. SMA Negeri 1 Kota Serang dan SMA Negeri 2 Kota Serang berhasil lolos ke babak final berhadapan dengan SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yang tahun lalu sudah mengikuti penyisihan sampai dengan tingkat nasional. Hasilnya, SMA Negeri 3 Kabupaten Tangearang meraih juara 1, diikuti SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMA Negeri 1 Kota Serang. Namun, apabila diurutkan berdasarkan jumlah nilai yang diperoleh, SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan berada di posisi keempat nilai terbesar setelah SMAN 3 Kab.Tangerang, SMAN 2 Serang, dan SMAN 1 Serang.

Walaupun kemenangan di final belum dapat diraih oleh SMAN 2 Kota Tangerang Selatan pada LCC tahun 2013 ini, namun hal ini tidak membuat patah semangat  bagi s tim LCC sekolah kita. Insya Allah LCC akan semakin giat belajar dan berlatih agar di tahun yang akan datang bisa menjadi yang terbaik dan juara nasional (laporan: Hauna Haliman)