preview

Kimberly Roselind, nama yang indah seindah prestasinya yang kini terukir sebagai 3rd best Speaker NSDC di Banjarmasin dalam lomba National Schools Debating Championship (NSDC). Kegiatan lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional dilaksanakan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC), ke tingkat Internasional.

NSDC merupakan suatu wahana bagi seluruh peserta didik, sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini agar berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan ini diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang pendamping.

preview

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan NSDC ini pada tanggal 13-18 Agustus 2019, di Banjarmasin - Kalimantan Selatan. Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan para siswa agar mampu bersaing secara kompetitif dan berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris, melatih siswa agar terbiasa menyampaikan pendapat dengan baik, serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan bersikap sportif dan Membekali siswa sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kemendikbud berharap dengan NSDC ini akan terbangunnya antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan, terbangunnya kemampuan berpikir kritis siswa
mengenai isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri dan juga terbangunnya kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
Selain itu, Kemendikbud juga berharap akan terjaringnya siswa berbakat yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional dalam ajang WSDC.