preview

Mewakili Provinsi Banten, sebelas siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan berhasil membawa sejumlah medali dari perhelatan akbar Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019. Mereka berhasil menjadi bagian dari 685 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh penjuru Indonesia yang bersaing ketat dalam OSN 2018 di Manado, Sulawesi Utara. OSN 2019 berlangsung mulai 30 Juni hingga 5 Juli 2019.

OSN 2019 kali ini melombakan sembilan bidang sains, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Bidang Matematika diikuti 77 peserta, Fisika (79), Kimia (74), Komputer/Informatika (75), Biologi (77), Astronomi (72), Ekonomi (77), Kebumian (77), dan Geografi (77). Tim OSN SMAN 2 Kota Tangerang Selatan berhasil membawa pulang medali delapan dari dari sembilan bidang tersebut, yaitu:

  1. Azzam Labib Hakim - Perunggu Matematika
  2. Rifki Aufa S.H. - Perak Fisika
  3. Rafi Pangestu - Perunggu Kimia
  4. Gregorius Bhisma - Perak Komputer
  5. M. Bariq Sadad - Perak Biologi
  6. Bernardus Jason - Perunggu Biologi
  7. Ezra Amshael G. - Emas Ekonomi
  8. Kayla Shakila - Perunggu Ekonomi
  9. Yudhistira Audley - Emas Geografi
  10. Argya Muflih - Perak Geografi
  11. Abednego Anugrah P. - Perak Kebumian

Total medali yang berhasil dibawa pulang sebanyak 11 medali yang terdiri dari 2 Emas, 4 Perak, 5 Perunggu. 

preview

Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam kata sambutannya saat menutup OSN 2019 menegaskan bahwa tidak ada satupun negara di dunia ini yang menjadi negara maju tanpa didukung oleh kemajuan sains, tidak ada satupun negara di dunia ini negara menjadi maju tidak didukung oleh para saintis-saintis yang handal. Oleh karena itu, menurutnya yang akan menentukan apakah Indonesia akan menjadi negara besar dan maju itu tandanya adalah kerja keras, kesungguhan generasi muda kini di masa yang akan datang.