preview

Tim A SMAN 2 Tangerang Selatan berhasil meraih Juara 3 dalam ajang Economic Competition 3 2018 pada tanggal 14 Oktober 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan, Institut Pertanian Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.  Dalam ajang kompetisi ini, SMAN 2 Tangerang Selatan semula mengirimkan 2 tim . Kedua tim tersebut adalah: 

Tim A : 

  1. Fathi Azmi F. (XI MIPA 6)
  2. Christopher Adrian Prasadanta Ginting (XII MIPA 5)
  3. Nadira Alivia (X MIPA 5)

Tim B : 

  1. Andreas Jorgan Christian Napitulu (X MIPA 5
  2. Aisyah Muthmainah (X MIPA 10)
  3. Kayla Shakila (X MIPA 2)

Economics Competition merupakan salah satu kegiatan dari Himavo Akmapesa yang memiliki tujuan untuk membentuk siswa & siswi SMA/SMK/MA melalui serangkaian lomba yang akan dilaksanakan di Gedung IPB Baranangsiang. Economics Competition 3 ini memiliki tema “Mencetak Generasi Muda yang Berpotensi, Kritis, dan Kreatif Untuk Memajukan Perekonomian Indonesia” untuk membentuk siswa siswi SMA/SMK/MA yang berkualitas khususnya dibidang ekonomi umum. 

Mengapa Economic Competition 3?, Melalui kompetisi ini, diharapkan para peserta memiliki wawasan mengenai konsep-konsep economy serta mengetahui bahwa Indonesia memiliki potensi generasi muda yang berpotensi kritis dan kreatif, sehingga kedepannya, para generasi muda mampu melihat peluang ini sebagai sarana membangun dan mengembangkan perekonomian nasional. Lomba Economic Competition 3 diikuti oleh berbagai sekolah yang diantaranya berasal dari Tangerang Selatan, Jakarta, Bekasi, Depok, dan lain-lain. Dalam kompetisi ini, para peserta diminta menyelesaikan soal dan studi kasus yang berhubungan dengan ekonomi yang sedang panas dibicarakan di indonesia seperti perang dagang AS-China.

Perlombaan dimulai dengan tes tulis dimana para peserta diberikan 30 soal pg, 5 soal benar-salah, dan 5 soal teka-teki silang dan dilanjutkan tahap uji ketok/individu. Poin akumulasi inilah yang menjadi penentuan untuk memasuki tahap 9 besar (semi final). 

Alhamdulillah, tim A dan tim B telah berhasil lolos bersaing dengan 33 tim se-Nasional. Kemudian kami bersiap untuk melanjutkan sesi cerdas cermat dengan tim A di kloter 3 dan tim B di kloter 2. Cerdas cermat terdiri dari 3 soal team, 15 soal rebuatan dan 3 soal tarunan setelah cerdas cermat selesai tim A lolos ke final, sedangkan tim B harus terhenti di babak semifinal. 

Babak final berlangsung dengan seru dan intense. Di babak final, masing-masing tim diberikan waktu 15 menit untuk mempersiapkan studi kasus dan 15 menit lagi untuk memaparkan argumen mereka. Setelah beberapa tim telah memapaparkan argumen mereka dan sesi pertanyaan yang diberikan oleh juri saat nya pengungumuan pemenang dan Tim A SMAN 2 Tangerang Selatan mendapatkan juara 3.