preview

Kabar gembira datang dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Melalui surat yang bernomor 747/D4/KP/2019 tanggal 11 Februari 2019, Amalia Arifia Wardah dan Muhammad Farran Radhi adalah 2 dari 15 siswa yang memiliki kesempatan untuk mengikuti pembinaan rahap II calon peserta Olimpiade Sains Internasional tahun 2019 Bidang Geografi. Mereka akan mendapatkan pembinaan secara intens mulai tanggal 24 Februari hingga 10 Maret 2019 di Cherry Homes Hotel, Bandung.

preview

Untuk bidang Kebumian, Arvin Rafi Muhammad bersama Muhammad Andika Rifki dari MAN Insan cendekia Serpong, juga akan mendapatkan pembinaan di University Hotel, Yogyakarta mulai tanggal 17 Februari hingga 3 Maret 2019. Mereka berdua akan mewakili Indonesia dari Provinsi Banten. Total seluruh peserta yang mengikuti pembinaan dari bidang kebumian ini adalah 16 orang yang berasal dari seluruh Indonesia. Sementara itu untuk bidang Kimia, ada Bayu Dwiputra. Bayu akan mulai mendapat pembinaan mulai 17 April - 3 maret di Wisma Balai Kartika Bandung.

Olimpiade Sains Internasional 2019 kali ini akan diselenggarakan di beberapa negara menurut bidangnya. Untuk dua bidang yang diikuti siswa kebanggaan SMAN 2 Tangerang Selatan ini adalah

  1. International Earth Science Olympiad (IESO) 2019 dilaksanakan di Korea Selatan dan
  2. International Geography Olympiad (IGeO) 2019 dilaksanakan di Hong Kong
  3. International Chemistry Olympiad (IChO) 2019 dilaksanakan di  Perancis.

Keikutsertaan putra-putri terbaik Indonesia dalam olimpiade bergengsi tingkat internasional ini, selain bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, juga untuk mendekatkan siswa pada sains lebih jauh lagi sehingga mampu mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mari kita doakan, semoga mereka sukses !!!

preview

Joshua Karel Riantoputra patut berbangga hati karena diberikan kesempatan untuk mengikuti ajang lomba debat berbahasa Inggris tingkat internasional dalam Eurasian Schools Debating Championship (ESDC) 2019. Walaupun harus tersisih di babak semi final, ​namun Jhosua termasuk 7th Best speaker dalam kegiatan yang disponsori oleh Robert College, Istanbul Turki.

Robert College adalah sekolah Amerika tertua yang terus berjalan yang didirikan di luar AS. Sekolah tersebut dibuka pada tahun 1863 khusus untuk mendidik siswa laki-laki, dan pada tahun 1871 dibuka kelas oleh American College for Girls. Pada tahun 1971 kedua sekolah bergabung dengan nama Robert College, yang menjadi sekolah bersama.

preview

Jhosua merupakan salah satu siswa Indonesia yang beruntung memiliki kesempatan untuk mengadu keahliannya dalam debat berbahasa Inggris di negeri yang kaya dengan sejarah panjang masa lalu. Selain mengikuti lomba, tentu saja hal yang membahagiakan karena ia mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan dalam hidupnya. Selama 5 hari berada di Istanbul (20-25 Januari 2019), Jhosua bersama teman-teman barunya dari manca negara yang menjadi peserta diajak berkeliling untuk menikmati kota yang terkenal dengan keindahannya. Sebagai kota yang terletak dipersimpangan dua benua, yakni dibelah asia dan eropa, tentu saja Istambul memiliki budaya unik dan menarik. Inilah yang membuat siapa saja yang pernah datang kemari selalu ingin datang lagi, lagi dan lagi.

 

preview

Himpunan Mahasiswa program studi Kimia Universitas Pertamina UPGRICS mempersembahkan OK'S UP 2019 (Olimpiade Kimia tingkat SMA se- Nasional) yang diselenggarakan di Universitas Pertamina. Pendaftaran olimpiade ini dilakukan mulai tanggal 5 November 2018 dan ditutup pada 20 Januari 2019.

Setelah melewati proses pendaftaran, seleksi dan lomba, akhirnya Tim Kimia SMAN 2 Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari Bayu Dwiputra (XII MIPA 5), Rafi Bintang Pagi Pangestu (XI MIPA 8) dan Akbar Putra Renantha Azmal (X MIPA 11) berhasil meraih Juara 1 Olimpiade Kimia Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina. Kegiatan olimpiade ini berlangsung di Jakarta, pada 27 dan 28 Januari 2019.

Kepada para pemenang olimpiade yang bertajuk "Chemistry for Better Future", panitia menyediakan hadiah sebesar:

  • Juara 1 akan mendapatkan Hadiah sebesar Rp. 3.000.000 
  • Juara 2 akan mendapatkan Hadiah sebesar Rp. 2.500.000 
  • Juara 3 akan mendapatkan Hadiah sebesar Rp. 2.000.000

Selain mendapatkan hadiah dan sertifikat tersebut, bagi 10 kelompok peringkat teratas berhak mengikuti kunjungan industri kimia. Kunjungan ke industri kimia ini diharapkan akan merangsang semangat para siswa untuk lebih mencintai dunia kimia karena begitu banyak manfaatnya bagi kehidupan dan kesejahteraan umat manusia

tim-paskibra-2017.jpg
juara-osn-palembang-2016.jpg
juara-menulis-surat.jpg