preview

Singapore-Indonesia Student Leader Adventure Camp, atau yang biasa disingkat SISLAC, merupakan suatu acara perkemahan (lumayan mirip LDKS) yang diadakan secara bergantian oleh Singapura dan Indonesia. Dengan sekitar 40 peserta siswa Indonesia dan 40 siswa dari Singapura. Pada tahun 2018 ini, acaranya digelar di Singapore, dan saya (Yosua Karel) mendapat berkat besar untuk dapat berpartisipasi didalamnya.

Mau tahu kisah serunya? yuk baca selanjutnya!

preview

Acaranya sendiri terjadi dari tanggal 12-16 november, namun sudah disuruh kumpul dari tanggal 10, 2 hari sebelum berangkat. Ternyata, disana kami berkenalan terlebih dahulu dengan peserta- peserta SISLAC yang dari Indonesia. Ada yang dari Bogor, Semarang, Jogja dan juga pastinya ada yang dari Jakarta. Terlebih lagi, anak-anak yang aku temui ternyata hampir semuanya adalah pemenang lomba nasional, dari menari, menyanyi, hingga lomba menulis karya fiksi pun ada.

Setelah dua hari “pra-pembinaan” selesai, ahkirnya kami berangkat ke Singapura. Sesampainya disana, walaupun dalam keadaan lumayan Lelah sehabis naik pesawat, ternyata kami langsung disikat oleh rangkaian acara disana. Kami menginap di suatu perkemahan dengan ruangan mirip barak, tapi kami tidak menghabiskan banyak waktu disana, sebaliknya, kami menghabisakan sisa hari pertama kami bermain ice-breaker, berkenalan dengan orang singapur. Orang singapur itu sangat ramah, dan amat bersih pula. Selama kami disana kami diwajibkan mencuci piring sendiri dan menjaga kebersihan.

Hari kedua cukup seru. Kami menghabiskan hari itu dengan bermain outbond, bermain panjat, dan masuk ke gua buatan. Namun hari kesukaanku mungkin adalah hari ketiga. Hari itu tidak banyak acara macam-macam, hanya satu. Kami diberi 10$, lalu diperbolehkan untuk keluar dari tempat kemah dan menjelajahi singapur Bersama dengan grup kami. Bahkan mereka menyediakan ipad dengan peta agar kami tidak tersesat. Seharian itu saya mendapat kesempatan untuk melihat benar-benar singapur itu seperti apa.

Singapura adalah suatu negara (kota) yang sangat indah. Segala hal diatur sangat rapih oleh mereka, dari sistem MRTnya, komplek apartmen yang dibangunnya, bahkan cara berdiri di escalator diatur! Semua orang diwajibkan untuk berdiri disebelah kiri, supaya bila ada orang yang ingin bergegas bisa lari lewat sebelah kanan escalator. Seharian itu aku melihat banyak tempat wisata yang idah, seperti China Town, little India, dan juga sempat berkunjung ke museum nasional di sana.

Hari yang keempat dan lima sebenarnya kami tidak berbuat terlalu banyak, sudah sangat kelelahan setelah rangkaian acara dari hari-hari sebelumnya. Walaupun begitu kami tetap bersenang dan bermain bersama, dari menyayi bersama, menari, bahkan main truth or dare. Aku senang bisa ikut acara ini, aku mendapatkan banyak sekali teman, amat banyak hingga aku tidak bisa menyebutnya satu per satu, dan juga aku belajar banyak. Belajar tentang negara dan kultur singapur, belajar sedikit bahasa singlish dari temanku, dan tentunya belajar banyak tentang kepemimpinan, kerjasama dan cara berkomunikasi dalam kelompok.

Sungguh aku sangat bersyukur bisa ikut acara SISLAC

 

preview

Nopember penuh harapan, begitu kira-kira apa yang terlintas dalam benak Tim IT SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Rizky Azkirullah A. siswa kelas XI IPA 3 berhasil meraih Juara SQL Programming meskipun hanya Harapan 2 . Dia tidak sendiri, ada juga Pamela Florencia Irena (X MIPA 11/ X MIPA PC), Muhammad Navis Raditya Riayatsyah (X MIPA 3) dan Athif Nirwasito (X MIPA 10) yang berhasil meraih Juara VR content Harapan 1.

preview

SQL Programming Competition and Workshop merupakan agenda tahunan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara (FTI UNTAR). Kegiatan ini adalah Workshop SQL yang diikuti oleh siswa/i dan guru SMA/SMK se-Jabodetabek. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan pemrograman basis data dengan SQL kepada siswa SMA/SMK sekaligus sebagai sarana promosi Fakultas Teknologi Informasi, khususnya Program Studi Sistem Informasi. Kegiatan berlangsung pada tanggal 22-23 Nopember 2018 di Gedung R lantai 10& 12 Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Hasil gambar untuk workshop and competition programing sql universitas tarumanagara

preview

Tim Ekonomi SMAN 2 Kota Tangerang Selatan dalam tahun 2018 ini berhasil mengumpulkan beberapa medali, piala dan piagam penghargaan atas prestasi yang diraih. Tercatat 5 dari 6 olimpiade yang mereka ikuti berhasil mempersembahkan prestasi meskipun tak selalu menduduki peringkat teratas.

Selama dua bulan terakhir saja, tiga lomba yang diikuti semuanya berhasil membawa pulang piala. Sebut saja pada tanggal 1 nopember 2018 berhasil meraih juara III dalam Lomba Ilmu Ekonomi Universitas Tarumanegara 2018. Lomba ini di selenggarakan untuk tingkat SMA/SMK se-Jabodetabek.

Dalam Olimpiade Ekonomi Nasional Universitas Negeri Malang 2018 yang berlangsung pada 3-4 Nopmeber 2018, Tim ekonomi juga berhasil membawa pulang piala. Mereka datang bertandang dengan status juara bertahan mengingat tahun lalu SMAN 2 Tangerang Selatan (Moonzher) berhasil meraih peringkat pertama sebagai tim terbaik.Namun sayang, langkah mereka terhenti di babak semifinal sehingga mereka harus mengubur mimpi untuk mempertahankan juara di olimpiade ekonomi Universitas Negeri Malang 2018. Mereka harus puas dengan membawa piala juara harapan 3.

Prestasi yang kurang memuaskan di kota Malang tidak menyurutkan semangat mereka. Pada tanggal 10 November 2018 di gedung FEB Universitas Sebelas Maret 2018, Tim ekonomi kembali berjuang untuk melawan 15 tim terbaik lainnya yang berhasil lolos babak kualifikasi secara online. Perjuangan mereka nampaknya tak sia-sia. Berkat semangat dan usaha keras mereka harus puas sebagai juara II. 

Semangat juang dan kerja keras dengan di dukung oleh pelatih dan pembina yang juga tak kenal lelah, prestasi yang diraih di tahun ini akan menjadi bekal yang sangat berharga untuk olimpiade selanjutnya di tahun 2019. 

Bravo tim Ekonomi Monzher!!!

 

ayro.jpg
tarakanita-cup-2.jpg
kunjungan-iaea.jpg