Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan kejadian alam yang langka dan luar biasa sehingga menyita banyak perhatian banyak orang. Sungguh suatu anugerah yang amat istimewa bagi SMAN 2 Tangerang Selatan karena berkesempatan mendapat kehormatan dari Kemenko Maritim dan Sumberdaya Alam untuk ikut serta dalam Ekspedisi Maritim Gerhana Matahari Total 2016, di Belitung 9 Maret 2016. Ekspedisi ini diikuti tidak kurang dari 1100 Peserta GMT ‎terdiri dari siswa/i SMU unggulan Jabodetabek dan mitra maritim dalam rangka ‎pengenalan dan edukasi kemaritiman.

Pelepasan peserta diawali ‎dengan upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam upacara ‎keberangkatan peserta GMT, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, didampingi oleh Seskemenko Asep Jembar Muhammad, Deputi 3 Bidang Infrastruktur Ridwan ‎Jamaluddin dan Deputi 4 Bidang Iptek, SDM dan Budaya Maritim Safri ‎Burhanuddin.

Ekspedisi berlangsung dari tanggal 8-10 Maret 2016 menggunakan kapal Kelud Pelni. SMAN 2 Tangsel mengirimkan 12 orang siswa  yaitu Prawiro Hadi Triyono, Royyan Iftikhor Amany, M. Ghulam Kamil, M. Abdullah Hanif, Rafida Amalia Salma, Panji Wisnu, Gregory Sembiring, M. Afdhol, Fauzi Eka Nugraha, M. Rafid Zulfikar dan Aryo Widyamoko. Mereka di dampingi oleh 3 orang pembina, yaitu Dr. Neng Nurhemah, M.Pd, Dra. Anita Herawati dan Neny Mulyani, S.Pd.

Rafid Zulfikar siswa kelas X-MIA-1 merasa sangat terkesan sekali menjadi bagian dari ekspedisi penuh sejarah ini. "Saya terkesan karena memang baru pertama kali menaiki kapal, disana fasilitasnya lengkap, dari mulai toilet, gym, tempat bermain, toko, dll. Berasa ada di hotel. Disana bertemu banyak sekolah dari berbagai daerah sejabodetabek, jadinya bisa berkenalan antar sekolah, selain itu saya diajarkan untuk bekerja sama dan kompak serta kreatif. Gak nyangka, ternyata laut indonesia yang dikelilingi 17.499 pulau sangat indah, bersih dan jernih. Pantainya juga keren. Hal yang paling berkesan adalah saat melihat gerhana matahari total, langitnya seperti perpaduan siang, sore dan malam. Ternyata Indonesia punya kekayaan maritim yang sangat menakjubkan!!. Oleh karena itu saya berpesan kepada kawan-kawan semua, jagalah maritim indonesia dari mulai hal-hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Selain itu juga undanglah sekolah-sekolah lain agar mengetahui pentingnya menjaga kekayaan laut indonesia"